Safari Books Online + Review Buku

Saya sekedar mau sharing layanan Safari Books Online (ini saya nggak dibayar, nggak dapet referal atau apapun). Layanan ini semacam perpustakaan di mana kita bisa meminjam buku selama menjadi member.

Paket termurahnya 9.99 USD/bulan, kita mendapatkan 5 slot buku yang bisa kita baca penuh. Setelah memasukkan sebuah buku ke dalam sebuah slot, bukunya hanya bisa dikeluarkan 30 hari kemudian. Kita bisa membaca bukunya offline menggunakan aplikasi yang mereka sediakan (untuk iOS/Android/BlackBerry). Mereka juga menyediakan trial 15 hari (tapi kita harus memberikan nomor kartu kredit).

Bagi sebagian orang, layanan ini tidak cocok, karena mereka ingin terus memiliki satu buku untuk dibaca ulang, tapi bagi saya yang jarang membaca ulang sebuah buku (kalau ada bagian penting, bisa saya copy paste), layanan ini sangat cocok.

Kenapa saya mau sharing hal tersebut? Harga sebuah buku asli sangat mahal, bahkan versi ebooknya sekalipun. Contohnya buku SDN: Software Defined Network harganya 47.99 (menurut kurs saat ini: lebih dari 500 ribu rupiah). Buku tersebut bisa dibaca sebagai satu slot dalam pakt 9.99 USD per bulan. Saya ingin hidup legal, tapi juga belum mampu membeli segala sesuatu yang saya inginkan.

Saya sedikit menyesal, kenapa tidak menemukan layanan ini dari dulu. Saya pernah mencicipi akses ke layanan ini ketika jadi member ACM, tapi jumlah buku yang ada sangat sedikit (beberapa ratus buku saja), dan waktu itu belum bisa offline. Beberapa buku yang sudah saya baca (sudah saya beli) ternyata ada di sini. Jadi sekalian di posting ini saya ceritakan beberapa buku yang menarik (yang saya miliki dan sudah saya baca) yang bisa ditemukan di Safari Books Online:

Tangled Web

The Tangled Web oleh Michal Zalewski. Buku yang sangat bagus yang membahas semua aspek security Web, dari mulai protokol HTTP sampai semua aspek browser. Bacaan wajib untuk orang yang berkecimpung di dunia web. Buku ini bukan untuk orang yang benar-benar pemula, dibutuhkan pengetahuan dasar mengenai protokol HTTP, tentang HTML, dan juga tentang JavaScript.

9781597492997_s-stealing-network


Stealing the Network: The Complete Series Collector’s Edition
Sebenarnya ini tadinya 3 buku novel yang dijadikan satu. Saya baru selesai membaca bagian pertama dan setengah bagian kedua. Buku ini bagus karena menjelaskan masalah security dalam bentuk cerita yang menarik. Di bagian pertama (buku pertama), ceritanya terpisah (seperti kumpulan cerpen), di buku selanjutnya, ceritanya memiliki hubungan.

9780735634688_s-code


CODE
Buku ini membahas hal yang amat dasar sekali, bagaimana informasi diproses dari mulai manipulasi bit. Buku ini berbeda dari semua buku pengenalan komputer yang lain, caranya bercerita sangat menarik, penjelasannya sangat sederhana. Buku ini sangat cocok untuk pemula.

Sebenarnya saya tidak menemukan hal yang baru di sini (karena saya sudah mengerti semuanya), tapi saya membacanya sampai habis karena saya mengagumi caranya bercerita. Suatu hari saya ingin bisa menjelaskan ke anak saya seperti ini.

9781118107874_s-app-empire


App Empire: Make Money, Have a Life, and Let Technology Work for You
Buku ini menjelaskan mengenai bagaimana mendapatkan uang yang banyak dari aplikasi mobile. Banyak triknya yang tidak berlaku lagi (dan menurut saya mengesalkan bagi pengguna aplikasi), tapi buku ini memberikan pencerahan pada saya mengenai berbagai trend di dunia mobile. Buku ini banyak menjual mimpi, tapi mungkin bisa memotivasi Anda untuk mempertimbangkan dunia mobile.


Don’t Make Me Think!: A Common Sense Approach to Web Usability, Second Edition
Selain mengenai teknik pemrograman, saya juga suka membaca buku mengenai usability. Buku ini cukup ringkas dan menjelaskan dengan baik berbagai aspek usabilitas dalam web, walaupun masih kurang membahas teknologi terbaru (buku ini tahun 2005). Sebagian besar hal yang dijelaskan sangat obvious, tapi Anda akan menyadari betapa banyaknya website yang tidak memperhatikan usabilitas.

9781430219484_s-coders-at-work

Coders at Work: Reflections on the Craft of Programming. Buku ini isinya kumpulan cerita dan pandangan hidup banyak programmer. Di sini kita bisa melihat bahwa para programmer hebat memiliki pandangan hidup yang berbeda dalam memandang masalah pemrograman. Tidak ada kebenaran absolut dalam hal pemrograman, tidak ada gaya yang paling benar. Anda bisa melihat review yang lebih lengkap yang sudah pernah saya tuliskan sebelumnya di situs ini.

Meski koleksi bukunya sangat banyak, ada juga buku-buku yang tidak ada di sana. Kali lain akan saya tuliskan buku-buku menarik yang tidak saya temui di sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *