Memahami Static dan Shared Library di Linux

Saya masih sering melihat programmer C dan juga administrator yang bingung dengan konsep shared library. Shared library adalah file berisi kode yang bisa diload saat program dieksekusi (runtime). Karena diload pada runtime, maka sebuah shared library bisa digunakan oleh lebih dari satu program.

Penjelasan mengenai static dan shared library biasanya membingungkan, jadi di posting ini saya akan menjelaskan dengan banyak contoh. Sebenarnya hampir semua contoh di tulisan ini berlaku juga untuk lingkungan POSIX lain selain Linux, tapi saya hanya mencoba kode ini di Linux 64 bit dengan compiler gcc. Di balik layar, program gcc sebenarnya akan memanggil berbagai program lain (preprocessor, assembler, linker) tergantung pada parameter yang kita berikan tapi agar penjelasannya sederhana, saya akan memakai gcc saja dan tidak akan menjelaskan apa yang terjadi di balik layar.

Kode monolitik

Kita mulai dari kode yang sangat sederhana seperti ini:

/*file: main.c */
#include <stdio.h>

double operation(double a, double b)
{
  printf("Plus operation\n");
  return a+b;
}

int main(int argc, char *argv[])
{
  double a = 5;
  double b = 3;
  printf("Result of operation (%.2f, %.2f) is: %.2f\n", a, b, operation(a, b));
  return 0;
}

Karena semua sudah ada di satu file, maka ini bisa dikompilasi dan jalankan langsung.

gcc main.c -o main

Memecah source code

Di sini ada satu fungsi bernama operation yang hanya melakukan operasi sangat sederhana. Anggap saja fungsi ini rumit dan penting dan ingin kita pisahan agar bisa dipakai oleh orang lain. Sekarang operation saya pindahkan ke operation.c

/*file: operation.c */
#include <stdio.h>

double operation(double a, double b)
{
  printf("Plus operation\n");
  return a+b;
}

Dan kode main menjadi:

/*file: main1.c */
#include <stdio.h>

int main(int argc, char *argv[])
{
  int a = 5;
  int b = 3;
  printf("Result of operation (%d, %d) is: %d\n", a, b, operation(a, b));
  return 0;
}

Jika kita coba compile main.c saja, seperti ini:

gcc main.c -o main

maka akan ada warning DAN error. Isi errornya adalah:

/tmp/cc08zl1h.o: In function `main':
main2.c:(.text+0x45): undefined reference to `operation'
collect2: error: ld returned 1 exit status

Ini karena compiler tidak bisa menemukan implementasi dari fungsi operation. Kita perlu memberikan file operation.c

gcc main1.c operation.c -o main

Sekarang kompilasi berhasil, tapi tetap ada peringatan:

implicit declaration of function ‘operation’

Compiler C tidak tahu menahu mengenai fungsi bernama operation. Secara default (karena alasan sejarah), compiler akan menganggap fungsi tersebut mengembalikan sebuah int

Jika kita coba jalankan:

Plus operation
Result of operation (5.00, 3.00) is: 0.00

Hasilnya 0.00 karena fungsi operation dianggap mengembalikan int. Ini bisa diperbaiki dengan menambahkan deklarasi fungsi sebelum main:

/*file: main2.c */
#include <stdio.h>

/* INI YANG DITAMBAHKAN */
double operation(double a, double b);

int main(int argc, char *argv[])
{
  int a = 5;
  int b = 3;
  printf("Result of operation (%d, %d) is: %d\n", a, b, operation(a, b));
  return 0;
}

Sekarang kita coba lain:

$ gcc main2.c operation.c -o main

Dan berhasil:

Plus operation
Result of operation (5.00, 3.00) is: 8.00

Object code

Tapi sekarang kita tidak ingin orang mengetahui source code operation.c, kita bisa menjadikan operation.c menjadi object code:

$ gcc -c operation.c

Hasilnya adalah file operation.o. Ini bisa dikirimkan ke orang lain yang memiliki main.c dan kompilasi bisa dilakukan dengan (perhatikan: operation.c diganti menjadi .o)

$ gcc main2.c operation.o -o main

Tapi ada satu masalah di sini: penerima operation.o tidak tahu fungsi apa di dalam operation.o dan apa parameternya. Sebenarnya nama fungsinya saja bisa dilihat dengan nm atau objdump tapi apa parameternya tidak bisa. Contoh dengan nm:

$ nm operation.o
U _GLOBAL_OFFSET_TABLE_
0000000000000000 T operation
U puts

File Header

Untuk memudahkan, kita perlu membuat file header: operation.h, isinya bisa seperti ini saja:

double operation(double a, double b);

Dan di file yang memakai fungsi tadi, bisa menggunakan include:

/*file: main3.c */
#include <stdio.h>
/* INI YANG DITAMBAHKAN */
#include "operation.h"

/*ini tidak lagi diperlukan, karena sudah diinclude dari operation.h*/
/*double operation(double a, double b);*/

int main(int argc, char *argv[])
{
  int a = 5;
  int b = 3;
  printf("Result of operation (%d, %d) is: %d\n", a, b, operation(a, b));
  return 0;
}

Sekarang kita sudah bisa mengirimkan file operation.h dan operation.o untuk dipakai oleh seseorang. Orang tersebut tidak tahu implementasinya (kecuali dengan dekompilasi), dan bisa memakai fungsinya dengan mudah. Perlu dicatat bahwa ada beberapa standar file object, secara umum: file dari compiler yang sama akan kompatibel, tapi tidak dijamin kompatibel dengan kode dari compiler yang berbeda.

Biasanya file header tidak hanya berisi deklarasi fungsi, tapi juga deklarasi struktur, misalnya seperti ini:

struct point {
    int x, y;
};

void init_point(struct point *p);

Jika file ini di-include sekali saja, maka tidak ada masalah. Tapi jika tidak sengaja diinclude dua kali, maka akan ada error:

 error: redefinition of ‘struct point’

Bagaimana mungkin menginclude “tidak sengaja” dua kali (atau lebih?). Contohnya ada file circle.h menginclude file point.h, dan file square.h juga menginclude point.h. Jika program utama menginclude circle.h dan square.h maka point.h akan diinclude dua kali. Masalah ini sering muncul sehingga ada konvensi membuat header seperti ini:

#ifndef POINT_H
#define POINT_H
struct point {
  int x, y;
};

void init_point(struct point *p);
#endif

Ketika file diinclude kali pertama, semuanya akan normal dan POINT_H akan terdefinisi. Jika diinclude lagi, maka tidak akan terjadi apa-apa karen POINT_H sudah terdefinisi.

Sekarang ada masalah baru. Andaikan kita ubah operation.c sehingga menggunakan int, tapi lupa mengubah header operation.h

/*file: operation.c */
#include <stdio.h>

int operation(int a, int b)
{
printf("Plus operation\n");
return a+b;
}

Maka semuanya akan berhasil dicompile seperti semula, tapi hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Untuk mengatasi ini, kita sebaiknya menginclude header di implementasi, seperti ini:

/*file: operation.c */
#include <stdio.h>
/* BARIS INI DITAMBAHKAN */
#include "operation.h"

int operation(int a, int b)
{
  printf("Plus operation\n");
  return a+b;
}

Sekarang jika deklarasi dan implementasi tidak konsisten akan mucul error:

operation.c:5:5: error: conflicting types for ‘operation’
 int operation(int a, int b)
     ^~~~~~~~~
In file included from operation.c:3:0:
operation.h:4:8: note: previous declaration of ‘operation’ was here
 double operation(double a, double b);

Static Library

Sekarang header kita sudah bagus. Tapi ada masalah lain: jika hanya ada satu file saja, maka satu file objek sudah cukup. Tapi jika ada banyak file objek, ini akan merepotkan. Contohnya saja, jika kita memiliki kode untuk menangani bentuk, dan menggunakan banyak objek seperti: circle.o, square.o, polygon.o, dsb, maka kompilasinya akan cukup repot (perintahnya menjadi panjang). Berbagai file objek bisa disusun jadi satu library statik untuk memudahkan kompilasi.

Kita bisa menyusun satu file saja:

ar rcs libop.a operation.o

Atau banyak file

ar rcs libop.a operation.o operation2.o

Progam “ar” akan menciptakan arsip library, dengan flag “c” untuk membuat library (create) jika belum ada, “r” untuk menggantikan (replace) file operation.o jika sudah ada di arsip dan “s” untuk membuat indeks. Kita bisa melihat isi arsip .a dengan parameter “t” (test):

ar t libop.a

Sudah menjadi konvensi untuk menamai suatau library statik dengan prefiks lib dan dengan suffiks a. Kita bisa memakai library ini ketika mengkompilasi dengan menggunakan opsi l diikuti nama library tanpa prefix lib (cukup:op saja)di gcc:

gcc main3.c -lop

Tapi ini akan error:

/usr/bin/ld: cannot find -lop
collect2: error: ld returned 1 exit status

Karena defaultnya gcc hanya mencari di path library. Path standar ini bisa dilihat dengan:

$ gcc -v -Wl,verbose 2>&1|grep LIBRARY

Di komputer saya outputnya seperti ini:

LIBRARY_PATH=/usr/lib/gcc/x86_64-linux-gnu/7/:/usr/lib/gcc/x86_64-linux-gnu/7/../../../x86_64-linux-gnu/:/usr/lib/gcc/x86_64-linux-gnu/7/../../../../lib/:/lib/x86_64-linux-gnu/:/lib/../lib/:/usr/lib/x86_64-linux-gnu/:/usr/lib/../lib/:/usr/lib/gcc/x86_64-linux-gnu/7/../../../:/lib/:/usr/lib/

Intinya: kita bisa memindahkan file libop.a ke salah satu direktori tersebut, atau cukup beritahu path tempat library kita berada. Karena berada di direktori saat ini, kita bisa memakai titik tunggal (.):

gcc main3.c -L. -lop -o main

Sekarang program berhasil dilink dengan library, dan berjalan seperti biasa. Sebagai catatan, sebenarnya gcc juga mengijinkan kita langsung menyebut nama file librarynya, walau biasanya ini jarang dilakukan

gcc main3.c libop.a -o main

Andaikan kita salah melink ke library yang tidak mengandung implementasi fungsi operation, maka akan muncul error:

main.c:(.text+0x40): undefined reference to `operation'
collect2: error: ld returned 1 exit status

Ketika kita menggunakan static library, maka kode dari library tersebut di “copy paste” ke file executable. Untuk menjalankan program kita, kita tidak butuh lagi libop.a karena kodenya sudah ada di executable. Jika ada program lain yang memakai library yang sama, program itu mengandung kode yang sama (duplikat).

Andaikan kita mengupdate operation.c dengan versi yang lebih baik (misalnya ada perbaikan bug, atau ada optimasi baru) maka kita harus mengcompile ulang program kita agar mendapatkan perbaikan tersebut.

Shared Library

Dalam kasus tertentu kita ingin agar hanya ada satu kode saja yang dipakai bersama. Misalnya sebuah XML parser dipakai oleh banyak program, jika ada update pada parser XML kita tidak ingin mengkompilasi ulang seluruh program yang memakai library tersebut. Dalam kasus ini kita sebaiknya menggunakan shared library. Satu library yang bisa dipakai banyak program.

Untuk mengcompile operation.c menjadi shared library bisa dilakukan dengan:

gcc -fPIC -shared operation.c -o libop.so

Cara kompilasi juga sama dengan static library (jika ada libop.a dan libop.so, maka yang .so diprioritaskan):

gcc main3.c -L. -lop -o main

atau:

gcc main3.c libop.so -o main

Tapi jika kita coba jalankan:

$ main
./main: error while loading shared libraries: libop.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Kode dari libop.so tidak disalin ke executable dan masih ada di libop.so, jika kita ingin menjalankan kita harus melakukan salah satu dari ini: menyalin libop.so ke path library sistem, menambahkan path system baru (bisa mengedit /etc/ld.so.conf) atau memberikan pathnya dengan LD_LIBRARY_PATH.

Untuk melihat pencarian yang dilakukan oleh sistem:

$ ldconfig -v

Jika kita mengubah file /etc/ld.so.conf, kita perlu menjalankan ldconfig sebagai root untuk mengupdate cache.

Cara termudah tanpa akses root adalah menambahkan ke environment LD_LIBRARY_PATH (titik adalah direktori saat ini, bisa saja diganti path lain, misalnya /home/yohanes/mylibs).

$ export LD_LIBRARY_PATH=.
$ ./main
Plus operation
Result of operation (5.00, 3.00) is: 8.00

Cara di atas akan membuat semua perintah berikutnya menggunakan path library yang baru. Jika kita hanya sekedar ingin mengubah path untuk satu perintah saja, maka cara ini lebih baik:

$ LD_LIBRARY_PATH=. ./main
Plus operation
Result of operation (5.00, 3.00) is: 8.00

Fleksibilitas shared library

Sekarang kita lihat fleksibilitas shared library dengan membuat shared library baru dengan nama sama. Saya membuat file baru: operation-mult.c yang mengalikan operand.

#include <stdio.h>

double operation(double a, double b)
{
  printf("Multiply operation\n");
  return a*b;
}

Agar lebih jelas, saya masukkan file ini dalam direktori “op-mult”. Lalu saya compile seperti ini:

gcc -fPIC -shared op-mult/operation-mult.c -o op-mult/libop.so

Sekarang jika saya jalankan program sebelumnya, tapi dengan path libop.so yang berbeda:

$ LD_LIBRARY_PATH=./op-mult ./main
Multiply operation
Result of operation (5.00, 3.00) is: 15.00

Output program berubah: dari penjumlahan menjadi perkalian. Jika kita memiliki lebih dari satu library dengan nama yang sama di path yang berbeda, maka library yang ditemukan pertama akan diload

$ LD_LIBRARY_PATH=./op-mult:. ./main
Multiply operation
Result of operation (5.00, 3.00) is: 15.00
[/code]

Bagaimana jika kita punya file yang kebetulan namanya sama, tapi tidak memiliki fungsi yang kita butuhkan? Hasilnya akan error:

./main: symbol lookup error: ./main: undefined symbol: operation

Override Fungsi dengan LD_PRELOAD

Ada trik menarik yang bisa dilakukan dengan menggunakan shared library, yaitu mengganti implementasi fungsi lain dengan fungsi milik kita sendiri. Trik ini bisa dipakai untuk runtime patching.

Dengan menggunakan program ltrace kita bisa melihat fungsi library apa yang dipanggil oleh sebuah program. Untuk mudahnya, kita akan memakai program paling pertama, yang tidak memakai library, versi monolitik:

ltrace ./main
puts("Plus operation"Plus operation
)                                                = 15
printf("Result of operation (%d, %d) is:"..., 5, 3, 8Result of operation (5, 3) is: 8
)                = 33
+++ exited (status 0) +++

Ada 2 call yang dibuat oleh program tersebut: puts dan printf. Sebenarnya di dalam program kita memakai printf saja, tapi compiler mengoptimasi printf tanpa parameter tambahan menjadi puts saja. Jika kita meminta compiler untuk tidak menghapus file assembly dengan opsi -S

$ gcc -S main.c -o main

Maka kita bisa melihat bahwa dalam operation memang digunakan puts sedangkan dalam main digunakan printf:

Cara lain melihat ini adalah dengan objdump -d nama_executable untuk melihat kodenya.

Untuk mudahnya sekarang kita ingin mengganti puts agar melakukan hal lain: mencetak string “EXTRA” sebelum mencetak string yang seharusnya.

/*file: myputs.c*/

#define _GNU_SOURCE
#include <dlfcn.h>

int (*orig_puts)(const char *s);

int puts(const char *s)
{
   if (orig_puts == 0) {
     orig_puts = dlsym(RTLD_NEXT, "puts");
   }
   orig_puts("EXTRA: ");
   return orig_puts(s);
}

Lalu compile filenya sebagai shared library, tapi sertakan juga libdl (untuk fungsi dlsym).

$ LD_PRELOAD=./libmyputs.so ./main-standalone
EXTRA:
Plus operation
Result of operation (5, 3) is: 8

Dalam kode pengganti milik kita, pertama yang dilakukan adalah mencari alamat fungsi “puts” yang asli, lalu meletakkannya di variabel bernama orig_puts (tiipenya adalah sebuah function pointer). Setelah itu kita bisa memanggil fungsi aslinya. Tentunya kita tidak harus memanggil fungsi aslinya jika memang ingin mengganti seluruhnya.

Beberapa kegunaan LD_PRELOAD ini misalnya: untuk membetulkan bug tanpa mengubah program. Kadang ini juga bisa digunakan untuk testing, jika sebuah program memakai random, lalu crash hanya jika nilai tertentu dihasilkan oleh random, maka kita bisa menggunakan LD_PRELOAD untuk mengganti fungsi random agar nilai kembaliannya sebuah nilai yang tetap.

LD_PRELOAD Ini juga bisa digunakan untuk cracking program, misalnya jika program hanya bisa berjalan hanya sebelum expiration date, maka kita bisa membuat fungsi time() yang selalu mengembalikan tanggal tertentu.

Penutup

Pemahaman mengenai library bisa membantu menyelesaikan banyak masalah dan tidak perlu coba-coba yang memakan banyak waktu. Semoga posting ini cukup menjelaskan seluk beluk library di Linux.

5 komentar pada “Memahami Static dan Shared Library di Linux”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *