Untuk mereka yang putus asa mau jadi programmer

Sudah beberapa kali saya temukan di berbagai forum dan mailing list, orang-orang yang bertanya: kenapa program saya ini tidak jalan, dan kemudian mereka mempaste source code mereka. Biasanya saya akan menemukan kesalahan-kesalahan super fatal, mulai dari:

  1. Salah syntax
  2. Salah besar-kecil huruf di bahasa yang case sensitive (misalnya C)
  3. Salah logika

Saya bisa memahami bahwa orang-orang ini mungkin:

  1. Salah memilih jurusan Informatika/Ilmu komputer, atau
  2. Terpaksa mengambil kuliah pemrograman karena ini mata kuliah wajib meski jurusannya tidak langsung berhubungan dengan pemrograman

Untuk orang-orang dalam kategori pertama: sudah saatnya Anda memperbaiki cara belajar Anda, atau segeralah pindah jurusan. Jika Anda kesulitan mencari kerja karena Anda tidak bisa memprogram, itu murni kesalahan Anda.

20160409_113910 (1)

Untuk orang-orang dalam kategori kedua, saya akan berusaha memberikan panduan amat sangat dasar mengenai cara belajar memprogram, supaya setidaknya Anda bisa lulus kuliahnya. Orang-orang yang punya bakat memprogram tidak perlu belajar dengan cara ini.

Pertama: cobalah mengetik ulang banyak program, mengcompile dan menjalankannya.  Kalau perlu, cobalah mengetik satu bagian demi satu bagian, lalu compile. Nanti Anda akan dapat feeling mengenai: nama-nama fungsi, pentingnya besar kecil huruf, dan hal-hal kecil lainnya.

Ketika program sudah jalan, cobalah “merusak” programnya. Perhatikan apa pesan errornya ketika salah nama variabel, ketika kurang tanda kurung, dsb, jadi ketika ada error serupa, Anda tahu sebabnya apa.

Ketika membuat program baru, jangan langsung mengetikkan semua program sampai selesai, lalu baru dicompile. Misalnya untuk membuat stack dalam C, cobalah buat dulu bagian typedef, bagian inisialisasi stack, dan bagian main. Coba compile, ketika sudah benar, coba tambahkan “push” lalu compile, coba tambahkan “print” untuk mencetak isi stack, compile, test apakah sudah jalan atau belum. Coba tambahkan “pop”, compile dan lihat hasilnya sudah benar belum, dst.

Intinya adalah: memprogram perlu dilakukan selangkah demi selangkah. Jika Anda berusaha mengetik semuanya, baru dicompile, maka Anda akan bingung sendiri.

Selanjutnya cobalah mencari video tentang cara memakai debugger. Ini akan sangat membantu Anda mengetahui jalannya sebuah program, Anda akan tahu bagaimana nilai variabel berubah, dan Anda akan tahu di mana program Anda crash (biasanya jika Anda membuat program dalam bahasa C, akan crash). Dengan menggunakan tools yang modern seperti XCode atau Visual Studio, Anda bisa mulai menggunakan debugger dengan sangat mudah (dengan satu klik atau dua saja).

Jika Anda mau melakukan hal-hal tersebut, semoga Anda bisa lolos mata kuliah pemrograman dan mungkin bisa menemukan jalan Anda sebagai programmer.

 

Catatan: Lihat juga link “Kurikulum Pemrograman” dan “Cara Belajar Algoritma

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *