Jangan Fanatik Teknologi Tertentu

Setiap waktu, selalu ada orang yang fanatik menggunakan teknologi tertentu untuk menyelesaikan semua masalah. Karena ini blog “Cinta Programming”, pembahasannya tentunya adalah teknologi pemrograman. Lebih spesifiknya lagi: bahasa tertentu. Sekarang ini aplikasi web sedang sangat populer, dan orang-orang pun ingin memanfaatkan 100% teknologi HTML dan JavaScript untuk melakukan semua hal. Bahkan bukan cuma aplikasi web, tapi aplikasi desktop dan mobile.

Screenshot_2016-06-07-19-19-09

Saya hanya ingin menunjukkan bahwa kadang tidak semuanya bisa dilakukan oleh satu teknologi seratus persen. Seperti Anda lihat di posting-posting sebelumnya, saya sudah membuat beberapa aplikasi dengan HTML5 (dan bahkan sudah ada yang saya jual), tapi meski demikian saya masih sering “gemes” dengan orang yang terpaku pada HTML dan JS dan menganggap itu teknologi terbaik untuk semua hal (termasuk juga aplikasi mobile).

Teknologi sering harus dicampur-campur untuk membuat aplikasi terbaik. Twitter dua tahun yang lalu (2010) yakin bahwa rendering di sisi client dengan JavaScript adalah cara terbaik. Baru-baru ini disadari bahwa HTML5 masih terlalu lambat dan Twitter kembali melakukan rendering di sisi server. Twitter tentunya tidak membuang 100% Javascript, tapi sebagian besar pemrosesan dipindahkan ke server.

Di sisi mobile, Facebook membuat aplikasi untuk iOS (iPhone/iPad) menggunakan HTML5 sejak bertahun-tahun yang lalu. Semua orang komplain: aplikasinya terlalu lambat. Akhirnya Facebook menulis ulang aplikasinya dalam native code (dalam kasus ini native adalah Objective C) supaya dua kali lebih cepat. Tapi Facebook juga tidak membuang HTML5 seluruhnya, sebagian aplikasinya masih memakai HTML5.

Pelajaran yang bisa dipetik dari dua hal tersebut adalah: belajarlah banyak teknologi, supaya bisa tahu teknologi yang terbaik, dan jika memang ada yang lebih baik: jangan takut berpindah dari satu teknologi ke teknologi yang lain. Sekali lagi: jangan terpaku pada satu teknologi saja:

if all you have is a hammer, everything looks like a nail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *